Mengetahui Kesehatan Dengan Cek Kuku

Mengetahui Kesehatan Dengan Cek Kuku

Kuku merupakan bagian tubuh kita yang sering sekali terabaikan. Namun dari kuku kita dapat mengetahui tingkat kesehatan tubuh kita. Dari bentuk, tekstur serta warna kuku mempunyai arti yang dapat menandakan sehat dan tidaknya seseorang. Berikut ini adalah penjelasannya:

  • Warna kuku yang pucat memiliki indikasi bahwa seseorang dari penuaan atau tanda dari penyakit yang lain yaitu seperti kurang darah, gagal jantung, kurang gizi dan penyakit hati.
  • Warna kuku putih dengan penggirannya yang berwarna agak gelap, ini mengindikasikan seseorang terkena masalah hati seperti Hepatitis.
  • Pengerutan permukaan kuku atau tidak ratanya area pada kuku, dapat menjadi pertanda awal dari penyakit Psoriasis (Penyakit kulit, pergantian kulit yang terlalu cepat) atau radang sendi (Arthritis).
  • Bila daerah sekitar kuku terlihat memerah dan bengkak, maka ini merupakan ciri-ciri dari peradangan pada lipatan kuku. Selain dari pada peradangan kuku, hal tersebut juga dapat disebabkan oleh Lupus.
  • Garis pada kuku yang berwarna lebih tua, sangat perlu mendapat perhatian karena ini mungkin adalah gejala dari Melanoma (Kanker kulit yang berbahaya).
  • Warna kuku kuning mengindikasikan seseoarang terkena infeksi jamur. Jika infeksi tersebut berhasil diobati maka kuku akan kembali terlihat sehat seperti semula. Adapun penguningan sebagian kuku dapat dikarenakan sebagai tanda penyakit gondok (Thyroid Disease), penyakit kencing manis, penyakit paru-paru, atau penyakit Psoriasis (Penyakit kulit, pergantian kulit yang terlalu cepat).

Adapun kebiasaan menggigit kuku yang dilakukan sejak anak-anak dan tetap bertahan sampai pada sekarang. timbul karena adanya perasaan cemas yang berlebihan. Hal ini juga dapat mengindikasikan gangguan obsesif-kompulsif ( Sejenis dari penyakit jiwa). Kuku kaki dan jemari tangan memang menempati kurang dari 1% tubuh kita, tapi bukan berarti menjadi alasan bagi kita untuk mengabaikannya. Deteksi lebih dini atau lakukan konsultasi pada dokter akan dapat mengurangi resiko untuk timbulnya penyakit yang lebih serius.

No comments:

Post a Comment